بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم - لا إله إلا الله محمد رسول الله
Ajifahreza

Cara Membuat Tombol dan Mini Pop Up di Android Studio

Tombol dan Pop Up di android studio. Jika ada yang bertanya apa sih tombol dan Pop Up ini ? mari kita buat pada tutorial kali ini. Untuk para pemula yang baru belajar android studio mungkin sedikit kurang mengerti bagaimana cara membuat tombol menggunakan bahasa pemrograman JAVA. Caranya sendiri cukup simple dan mudah ya jika kita mengerti. Mari kita ulas



Seperti contoh gambar diatas ada dua buah tombol yang sudah di buat dan Pop Up muncul ketika tombol di klik dengan tulisan "Tombol Dua Di Klik".
Untuk pertama yang dilakukan pastinya kita sudah membuat sebuah project di software android studio, pada tulisan kali ini saya tidak menjelaskan bagaimana cara membuat project android studio.
  • Buat Project

Setelah project di buat pastikan direktori seperti ini, jadi awal kita membuat project ada MainActivty dan layoutnya activity_main, tetapi nama nama diatas tentunya dapat diubah ubah sesuai keinginan.
  • Selanjutnya Klik di layout > activity_main.xml buka coding yang di xml, masukan koding dibawah ini, coding ini tidak bisa di copy paste ya karena sebuah gambar. Temen temen bisa langsung tulis di file xml tadi


  • Setelah coding xml sudah ditulis kita lanjut buka di program JAVA nya yaitu MainActivity

Ini adalah Code jAVA Tombol di android studio. Yang perlu diperhatikan adalah penamaan ID pada file xml Button tadi, jika kita menggunakan nama ID misalkan "btn_satu" maka di file java inisiasi juga dipanggil dengan ID yang sama, hal ini lah yang membedakan masing masing perintah button meskipun ada banyak tombol dalam satu layout.

Untuk menampilkan Pop Up kecil pada aplikasi andorid menggunakan program Toast seperti gambar diatas. "Tombol Satu di Klik" adalah pesan yang disampaikan pada tampilan Pop Up di aplikasi, tentunya kita bisa juga rubah tulisan ini, tetapi tetap jangan hapus "...." (petik) yang ada diantara tulisan tadi, pasti akan error codenya jika terhapus.

Untuk lebih jelasnya sudah saya buat di video youtube dibawah ini


Sekian tutorial singkat tentang android studio Membuat Button dan Pop Up di Android Studio dari ajifahreza.com, jika ada yang belum mengerti atau error code bisa komentar dibawah ini.
Semoga bermanfaat

Ajifahreza

About Ajifahreza -

Hanya seorang blogger biasa, ingin menjadi hebat dibidang elektronika pemrograman komputer dan mikrokontroler

Subscribe to this Blog via Email :
Cara Seo Blogger