بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم - لا إله إلا الله محمد رسول الله
Ajifahreza

Cara Mengatasi Error class BearSSL WiFiClientSecure Arduino

Sering kita jumpai beberapa error pada saat upload program ke mikrokontroler, salah satunya Error WiFiClientSecure. Pengalaman yang akan saya tulis kali ini bagaimana sih mengatasi error WiFiClientSecure ?

Sebelum membahas lebih jauh, error ini terjadi pada saat kita menggunakan Mikrokontroler NodeMcu Esp8266. Jika terjadi error yang sama pada board lain mungkin cara yang dilakukan berbeda dengan apa yang sudah saya tulis kali ini.

Board Arduino :
  • NodeMcu Esp8266 1.0 (ESP-12E Module)
Error yang terjadi ketika kita akan melakukan upload program pada device


Code Error 'class BearSSL::WiFiClientSecure', salah satu penyebabnya adalah versi board yang terinstall pada Arduino IDE. Ketika kita menggunakan versi arduino NodeMCU versi tinggi 3.1.2 maka error seperti ini pasti akan muncul, lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Cara mengatasi error:'class BearSSL::WiFiClientSecure':
  • Mengganti versi Board NodeMCU yang ada di arduino 3.1.2 menjadi 2.7.4 atau sebelumnya
Setelah kita mengganti versi board yang ada maka error tersebut pasti akan hilang dan program berhasil di compile. Bagi temen temen yang belum mengerti cara mengganti versi arduino nya, saya kasih tutorial cara mengganti versi board di Arduino IDE versi 
  • Klik di menu board atau klick Tools >> Boards >> Boards Manager
  • Setelah muncul menu Boards, cari Boards dengan kata kunci (esp8266)
  • Terlihat itu adalah versi yang ada pada aplikasi Arduino IDE kita saat ini. Hapus terlebih dahulu Boards yang sudah terinstall dengan cara klick Remove

Note : Tidak bisa langsung mengupdate di menu tanpa menghapus board terlebih dahulu
  • Setelah dihapus tunggu proses nya sampai selesai dan lanjut pilih Versi 2.7.4
  • Setelah dipilih klick Install, tunggu beberapa saat sampai selesai, jangan lupa pastikan internet laptop kita terhubung dan lancar
Setelah semua proses dilalui, teman teman pasti akan bertemu kembali error lain yaitu Error Esptool dan PySerial. Kita tidak perlu pusing lagi, cara mengatasi Error Esptool dan Pyserial versi 2.7.4 ini cukup mudah hanya mengganti folder ini dengan yang bisa didownload di link bawah ini


Download kedua file diatas kemudian paste di tempat ini (Direktori File Arduino), untuk mac ada di sini

/Users/ajifahreza/Library/Arduino15/packages/esp8266/hardware/esp8266/2.7.4/tools 

Jika kita mencari tidak ketemu direktory ini, pada OS Macbook file ini tersembunyi, (Hidden) untuk menampilkan nya klik secara bersaamaan (shift + command + . (titik)). 

Pada directory ini sudah tersedia folder Esptool dan Pyserial. Ganti dengan file yang sudah didownload tadi (Replace File). Setelah semua sudah dilakukan tutup terlebih dahulu software Arduino IDE dan jalankan kembali. Error: 'class BearSSL::WiFiClientSecure' dan Error Esptool Pyserial sudah bisa teratasi.

Demikian tutorial singkat tentang cara mengatasi Error WiFiClientSecure Arduino NodeMCU dan Error Esptool Pyserial dari Ajifahreza.com jika masih kurang mengerti bisa komentar dibawah ini.
Semoga bermanfaat Selamat Berkarya

Ajifahreza

About Ajifahreza -

Hanya seorang blogger biasa, ingin menjadi hebat dibidang elektronika pemrograman komputer dan mikrokontroler

Subscribe to this Blog via Email :
Cara Seo Blogger