Elektronika Untuk Masa Depan
Ajifahreza

Rangkaian Sensor Tegangan AC Arduino

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, bermain dengan Sensor Tegangan AC Mikrokontroler, alat ini adalah sebuah rangkaian sensor yang digunakan untuk memonitor tegangan AC 220 Volt. Jadi jika tegangan AC220 volt mati alat ini akan memberikan nilai output 0/1 yang akan dibaca oleh sebuah mikrokontroler, arduino misalkan.


Gambar diatas adalah Rangkaian Sensor Tegangan AC untuk Mikrokontroler Arduino. Rangkaian diatas hanya terdiri dari komponen komponen umum.

Komponen yang digunakan :

Dioda 1 A
Kapasitor 1000 uF/400v
Kapasitor 104/400v
Resistor 20 kOhm / 2 watt
Resistor 10 kOhm
Led 3 mm
Optocupler 817 C

Penjelasan Rangkaian Sensor Tegangan AC
Rangkaian diatas menggunakan sebuah dioda 1 A atau bisa kita pakai type IN4007 yang berfungsi sebagai mengubah AC menjadi DC. Yang terpenting pada rangkaian ini adalah fungsi optocoupler yaitu digunakan memisahkan rangkaian tegangan tinggi dengan rangkaian tegangan mikrokontroler.
Optocupler digunakan sebagai saklar jadi pada kaki output 817C kita memberi sebuah VCC 5V dari arduino. Tegangan inputan sensor menggunakan AC220 V dan output menggunakan tegangan mikrokontroler 5V. Jadi antara tegangan input dan output terpisah. Keuntungan disini mikrokontroler lebih aman jika terjadi short sirkuit pada rangkaian.


Gambar rangkaian modul yang paling atas adalah sebuah Sensor Tegangan AC yang sudah saya buat, disambungkan dengan sebuah arduino nano. Prinsip kerja program yang digunakan pada arduino hanya membaca nilai (High/Low) (0 dan 1) menggunakan program "Digitalread"

Bisa juga dilihat videonya di channel youtube saya "Ajifahreza"

"COMING SOON"

Sekian artikel kali ini Rangkaian Sensor Tegangan AC Arduino. Semoga masih bermanfaat dan bisa temen temen coba dan alhamdulillah berhasil karena saya sudah mencobanya. 
Selamat belajar elektronika follow juga instagram saya : "Ajifahareza"

Ajifahreza

About Ajifahreza -

Hanya seorang blogger biasa, ingin menjadi hebat dibidang elektronika pemrograman komputer dan mikrokontroler

Subscribe to this Blog via Email :
Cara Seo Blogger