Membaca Data Analog di Arduino

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Alhamdulillah semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan terus selalu berkarya. Kali ini saya akan mencoba berbagi lengkap bagaimana program arduino itu berjalan, jadi tulisan ini hanya sederhana dan diperuntukan bagi yang pemula yang ingin belajar arduino, bagi yang sudah expert arduino mungkin tulisan ini hanya dasar dari sebuah pembelajaran. Menggunakan Pin A0 Arduino.

Membaca Data Analog di Arduino, data analog adalah data yang berbentuk gelombang secara kontinyu, di arduino data analog dibaca di pin (A0, A1, A2, A3, ...) atau yang biasa dalam bahasa program dengan nama analogread atau analogwrite, arduino sudah dilengkapi dengan ADC yaitu Analog to Digital Converte yeng mengubah data analog arduino ke digital agar bisa dibaca oleh mesin arduino, karena yang kita tahu sendiri bahasa mesin itu adalah bahasa biner 0 dan 1.
(Gambar dari arduino.cc)

Untuk membaca sebuah nilai data analog di arduino dibutuhkan rangkaian dengan komponen potensiometer karena kita membutuhkan nilai ohm yang berubah ubah. Resolusi sensor ini dengan arduino yaitu 10 bit yang artinya mempunyai nilai 0 - 1023. Nilai 1023 dihasilkan dari bilangan berpangkat yaitu 2 pangkat 10. 

Alat dan Bahan :
  • Arduino Uno
  • Potensiometer 10 K


Untuk rangkaian potensiometer seperti gambar diatas :
  • pin 1 = VCC
  • pin 2 = A0 (Arduino)
  • pin 3 = GND
Jika kita menggunakan arduino uno, kita bisa menggunakan pin ADC dari A0 - A5, ini juga disesuaikan dengan program nya. Nilai dari pin 2 potensiometer akan dibaca oleh sebuah arduino dengan nilai analog. Jadi prinsipi kerja Membaca Data Analog Arduino sebuah potensiometer yang sudah dihubungkan dengan tegangan VCC 5V dan GND arduini memberikan sebuah masukan input arduino yang berupa tegangan pembagi dari 5V, jadi jika sebuah potensio diputar kearah kiri minimal dia memberikan nilai tegangan mendekati 0 V yang kemudian dibaca sebuah arduino dan sebaliknya jika diputar kekanan max potensio memberi nilai tegangan 5 V. 

Menggunakan pin Analog. Tegangan inilah yang dibaca oleh arduino dengan nilai data analog, berbeda dengan data digital yang hanya berisi dua outputan High dan Low yang artinya nilai pasti 0 V dan 5 V. Untuk data analog mempunyai range tegangan 0 V sampai 5 V. Kita juga bisa mendapati nilai analog atau digital pada sebuah sensor jadi prinsip kerja nya sama membaca nilai analog dan digital arduino.

Program ini ditampilkan di serial monitor software arduino IDE, juga bisa ditampilkan di lcd 16x2 untuk dasar saja hanya ditampilkan di serial monitor

Program Data Analog Arduino :
===================================================

void setup() {
  Serial.begin(9600);
}

// the loop routine runs over and over again forever:
void loop() {
  // read the input on analog pin 0:
  int sensorValue = analogRead(A0);
  // print out the value you read:
  Serial.println(sensorValue);
  delay(1);        // delay in between reads for stability
}
===================================================


Lebih mudahnya kita gunakan di example program tepatnya di program dasar basics > AnalogReadSerial.
Penjelasan Program :

Serial.begin(9600);
Komunikasi serial arduino dengan baudret 9600 bps yang artinya bit per second (bisa mengirim data 9600 bit per second)

int sensorValue = analogRead(A0);
Deklarasi dari nilai sensorValue yang berupa nilai integer dibaca di pin A0 (Arduino)

Serial.println(sensorValue);
Menampilkan nilai analog read di serial monitor software arduino

delay(1);  
Tunda waktu satuan (ms) untuk menampilkan nilai data, (1) artinya 1/1000 detik bisa juga dirubah nilai 1 dengan 1000 yang artinya 1 detik

untuk hasilnya 

nilai yang ditampilkan angka 0 - 1023 sesuai potensio yang kita putar, jadi sederhanyanya seperti hasil diatas, nilai diatas bisa kita pakai sebagai data juga bisa kita ubah ke nilai tegangan 5V jadi seperti membaca tegangan mungkin tulisan selanjutnya.

Cukup sekian tulisan sederhana dasar dari pemrograman arduino semoga bermanfaat dan mungkin tulisan ini kurang sempurna dan ada yang salah bisa komentar di kolom komentar saya akan perbaiki. 
Terima kasih selamat berkarya untuk selanjutnya jangan berhenti menulis meskipun hanya sederhana.
Menampilkan Nilai Analog Arduino Sederhana.
Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Cara Seo Blogger