Rangkaian Penguat Buzzer Transistor

Apa itu penguatan ?? Dalam elektronika istilah penguatan sering kita dengar. Kali ini saya melanjutkan artikel yang kemarin kita sudah bahas yaitu komponen buzzer. Jika belum tau komponen buzzer bisa baca di Sini "Cara Menggunakan Buzzer".
Apakah kita pernah mencoba sebuah buzzer yang jika diberi tegangan 5V Dc dia berbunyi keras, tetapi di masukan pin mikrokontroler suara menjadi pelan. Salah satu penyebabnya adalah nilai impedansi buzzer yang besar. Pin mikrokontroler sendiri mempunyai arus maksimal output 20 mA.
 
Komponen buzzer yang di masukan pin mikrokontroler..
 
Jika kita menemui masalah buzzer yang tidak berbunyi keras, kita butuh sebuah rangkaian penguat buzzer, rangkaian ini juga biasa dipakai sebagai penguat relay, Rangkaian penguat atau komponen transistor. Sekarang kita bahas untuk penguatan buzzer. Transistor adalah komponen semikonduktor. Rangkaian transistor penguat buzzer digunakan jika buzzer mempunyai nilai impedansi lebih dari 10 ohm.
 
 
Transistor dan Buzzer

Prinsip kerja rangkaian penguat buzzer adalah transistor yang dipasang sebagai komponen penguatan bekerja seperti saklar, sebagai sirkuit pemutus dan penyambung. untuk detail pengertian transistor kita tidak bahas di artikel ini. Mungkin artikel selanjutnya . Terus saja ikuti artikel web Ajifahreza.com gratis. Komponen buzzer dengan transistor diatas menggunakan Transistor type NPN. Transistor bekerja jika basis dari transistor diberi tegangan positive 5Vdc (mengikuti datasheet komponen transistor yang dipakai). Tegangan VCC dari buzzer akan mengalir ke ground melewati buzzer sebagai beban menyebabkan buzzer berbunyi. Didalam komponen transistor itu terjadi penguatan.
 
Untuk  zaman sekarang yang sudah maju teknologi banyak sudah modul modul buzzer yang tinggal pakai, tidak perlu melakukan soldering.Tapi sebaiknya kita tahu bagaimana prinsip kerja modul ini, komponan apa yang dipakai dan kita bisa membuatnya. Bukan hanya pemakai.
 
Modul Buzzer 

Pin  modul buzzer ini ada tiga buah yaitu (VCC - I/O, GND). Rankaian modul buzzer ini sudah mengguanakan transistor. 

Keterangan Pin :
  • VCC adalah pin tegangan 5V untuk Buzzer
  • I/O adalah pin Input/Output ke mikrokontroler
  • GND adalah pin Ground

Sekian artikel dari Ajifahreza.com tentang Transistor Penguat Buzzer. Jika salah pengertian dalam artikel ini saya akan update lagi. Hanya sedikit artikelnya semoga bermanfaat. Terus ikuti web ini untuk belajar bersama elektronika. Selamat Berkarya.
Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Cara Seo Blogger