Elektronika Untuk Masa Depan
Ajifahreza

Menggunakan Buzzer Komponen Suara

Selamat malam yang sudah membaca di web ini. Kali ini saya mencoba untuk membahas tentang komponen elektronika yang bisa mengeluarkan suara.
Yang banyak kita tau speaker bisa mengeluarkan suara, untuk yang lebih kecil kita bisa menggunakan buzzer. Komponen ini mudah didapat di toko eletronika. Harganya murah Rp2000 an tergantung juga diameter buzzer dan impedansinya. 
Pengertian Buzzer adalah sebuah komponen elektronika yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi getaran suara. Buzzer ini biasa dipakai pada sistem alarm. Juga bisa digunakan sebagai indikasi suara. Buzzer adalah komponen elektronika yang tergolong tranduser. Sederhananya buzzer mempunyai 2 buah kaki yaitu positive dan negative. Untuk menggunakannya secara sederhana kita bisa memberi tegangan positive dan negative 3 - 12V.

Cara Kerja Buzzer pada saat aliran listrik atau tegangan listrik yang mengalir ke rangkaian yang menggunakan piezoeletric tersebut. Piezo buzzer dapat bekerja dengan baik dalam menghasilkan frekwensi di kisaran 1 - 6 kHz hingga 100 kHz.

Buzzer ini bisa kita coba tanpa menggunakan board arduino yang diprogram. Jadi kita hanya beri inputan tegangan 3 - 12 V (Tegangan Kerja Buzzer). Buzzer mempunyai nilai impedansi sama seperi speaker. Jika nilai impedansi kurang dari 10 ohm kita bisa langsung menghubungkan ke arduino dan jika impedansi yang lebih besar kita akan membutuhkan driver untuk mengangkat arus yang masuk ke buzzer. Kita bisa menggunakan rangkaian transistor. Artikel selanjutnya klik di sini > Buzzer dengan transistor

Seperti gambar diatas kaki positive sambungkan pada batere kutub positive dan kaki negative di sambungkan pada batere kutub negative. Maka buzzer langsung berbunyi "beep beep". Kita juga bisa menggunakan rangkaian diatas untuk mengetes apakah buzzer berfungsi atau tidak.

Note :
Yang sudah kita tau buzzer hanya bersuara satu saja. Dengan di program di arduino atau mikrokontroler lainnya kita bisa menggunakan buzzer dengan barbagai macam suara mono. Bisa dibuat lagu Do Re Mi Fa Sol La Si Do dan lain sebagainya tunggu saja di artikel selanjutnya Suara Unik Buzzer

Untuk percobaan program bisa menggunakan program dibawah ini

const int buzzer = 7;

void setup(){
  pinMode(buzzer, OUTPUT);
}

void loop(){
  digitalWrite(buzzer, HIGH); //Kondisi ada tegangan 5V
  delay(1000);     
  digitalWrite(buzzer, LOW); //Kondisi tidak ada tegangan 5V
  delay(1000);          
}

Pin yang digunakan :

  • Arduino (Pin7) = (+) Buzzer
  • Arduino (GND) =  (-) Buzzer


Cukup sekian artikel Buzzer Komponen Suara Elektronika ikuti terus artikel di Ajifahreza.com. Semoga bermanfaat walaupun masih dasar sederhana. Terima Kasih

Ajifahreza

About Ajifahreza -

Hanya seorang blogger biasa, ingin menjadi hebat dibidang elektronika pemrograman komputer dan mikrokontroler

Subscribe to this Blog via Email :
Cara Seo Blogger