Tips Lolos Seleksi PLN

Banyak yang gagal ketika mengikuti Rekrutmen PLN karena banyak faktor, mungkin diantaranya kurang beruntung, atau belum tau gimana Seleksi Lowongan PLN.
Firman ALLAH SWT tentang nasib seseorang "Sesungguhnya ALLAH SWT tidak akan merubah nasib suatu kaum jika bukan kaum itu sendiri yang merubahnya". Dalam firman ALLAH sudah jelas kita dituntut untuk bersungguh sungguh dan berusaha untuk mencapai suatu kesuksesan. Kita juga harus menyerahkan segala sesuatunya kepada NYA bagaimana pun jalannya kita harus selalu bertawakal kepada ALLAH SWT tapi tetap berusaha untuk memperoleh kesuksesan itu.
Saya akan memberikan sedikit Tips Untuk Lolos Seleksi PLN bukan hanya PLN juga pekerjaan lainnya :
1. Niat
Niat sangat lah penting dalam memulai suatu usaha. jika kita akan mencoba suatu Lowongan Pekerjaan tanamkan lah pada diri kalian niatkan lah diri kalian untuk bersungguh sungguh menjalani seleksi lowongan tersebut.
2. Restu Orang Tua
Mintalah restu kepada kedua orang tua kamu apabila kamu hendak mengikuti seleksi lowongan pekerjaan PLN maupun pekerjaan lainnya.
3. Berdoalah sungguh sungguh kepada Tuhan mu ALLAH SWT untuk menjadikan mu selalu ingat kepada NYA.

Dalam seleksi pegawai PLN banyak tes yang harus dijalani berikut ini beberapa tahapan Tes Lowongan PLN
1. Tes Administrasi
Tes administrasi adalah tes nilai Rapot untuk tes ini kemungkinan banyak yang lolos karena Nilai Nem yang lolos diatas 7. untuk nilai rapot banyak sekolah sekolah yang menerapkan Standart diatas 7 jadi banyak yang kemungkinan lolos dalam Tes Administrasi. Seleksi Administrasi tidak lah sulit hanya cukup melengkapi data dan surat surat yang diminta asal persyaratannya memenuhi pasti lolos.

2.Tes Soal
Dalam tes ini soal yang dikeluarkan kebanyakan tentang listrik matematika dan fisika jadi sebelum tes Soal belajarlah untuk sedikit mengingat dan untuk lulusan SMA belajarlah sedikit tentang ilmu Listrik seperti ilmu hukum ohm ilmu rangkaian seri paralel dan lain lain banya artikel tentang ilmu listrik di Google.
Tips : Belajarlah ilmu listrik, matematika, fisika dan semua hal tentang ilmu hitung

3. Tes Psikologi
Dalam tes ini dapat dilihat kemampuan otak seseorang dan psikologi seseorang. berusahalah jujur untuk menjawab tes psikologi ini karena inilah gambaran dari sifat kamu. banyak membaca buku buku tentang tips lolos tes psikologi karena dengan membaca kita sedikit tahu gambaran tentang apa itu psikologi. belajarlah sebelum kamu mengikuti tahapan tahapan tes.
Tips Tes Psikologi : Membacalah buku tentang Psikologi terlebih dahulu sebelum tes

4. Tes Fisik
Untuk yang hobi olahraga mungkin pada tes ini tidak terlalu menghawatirkan. tes Fisik meliputi tes fisik luar seperti tinggi badan, berat badan, mata, telinga dan yang berhubungan dengan fisik bagian luar. Untuk itu kita wajib menjaga diri kita dari hal hal yang merusak tubuh seperti rokok, minuman keras maka jauhi hal seperti itu bila kamu ingin sukses Tes Kerja. Tes mata mungkin tes yang lumayan sulit untuk yang mempunyai mata minus, mulai sekarang hindari hal yang merusak mata dan juga jaga mata agar tetap sehat. Tes fisik dilakukan di tempat Tentara atau Polisi yang bekerja sama dengan PLN. Jika kita yakin diri kita sehat kita tidak perlu takut untuk mengikuti Tes Kerja.
satu lagi untuk tes fisik yang banyak memakan korban yaitu tes fisik keseimbangan. Kamu dituntut untuk melewati sebuah bambu yang dipasang seperti gambar seperti gambar ini.
banyak yang jatuh pada awal percobaan tapi masih diberi satu kali kesempatan. dalam tes ini banyak memakan korban para peserta tes karena cukup sulit dilakukan bagi yang tubuhnya kurang terlatih seimbang. tes keseimbangan ini tidak memandang tinggi badan, berat badan jadi siapa pun mudah jatuh jika tubuhnya kurang seimbang. 
Tips Melewati Tes Keseimbangan : berdoalah sebelum melakukan, gunakanlah sepatu yang berukuran pas pada kaki. rentangkan tangan mu dan melangkahlah dengan tenang jangan tergesa gesa. Posisi kaki bisa melangkah dengan terbuka kedua duanya atau posisi melangkah dengan tertutup kedua duanya tapi lebih baik dengan posisi terbuka. Karena bagi saya lebih leluasa berjalan tenang. Jika pada waktu sudah ditengah jalan hampir jatuh berusahalah untuk berusahalah berlari melewatinya karena jika kamu jatuh bisa gagal seleksi PLN karena tes sederhana ini. Banyak macam cara melakukan tes keseimbangan. kita ikuti saja metode apa yang dilakukan

5. Tes Wawancara
Untuk tes wawancara banyak yang harus diperhatikan misalnya pakaian, sikap seseorang, dan cara berbicara. tes wawancara dilakukan oleh 2 sampai 3 orang yaitu 1 orang PLN dan 1 seorang psikotes/psikolog. Dia yang menilai kebaikan kamu, kelakuan kamu, dan semua sikap kamu mulai dari detik pertama tes wawancara sampai detik terakhir. Untuk itu jagalah setiap sikap kamu karena waktu itulah semuanya dilihat dari cara kamu tes wawancar. Tes wawancara tidak perlu grogi buatlah santai atau menikmati keadaan sekitar karena orang grogi/gugup sangat kelihatan  dilihat. Buatlah yang mewawancarai itu sebagai teman kamu jadi kamu bisa bicara santai seperti seorang teman tapi juga dijaga formalitas. Tetap senyum selalu karena senyum menandakan seseorang berbahagia.
Pertanyaan tes wawancara kebanyakan menanyakan tentang kehidupanmu di rumah, bagaimana keluargamu, apa pekrjaan ayahmu, apa kegiatanmu sehari hari, berapa keluarga dan saudaramu, apa visi misi mu mengikuti seleksi pegawai PLN, apa PLN itu, apa singkatan PLN, siapa direktur utama PLN dan lain lain mengenai kehidupanmu dirumah dan mengenai PLN.
Jadi kamu harus sedikit mengerti tentang PLN. Berusahalah untuk selalu jujur dalam menjawab semua pertanyaan wawancara karena pengalaman saya "Jawabanmu adalah Pertanyaanmu".
Misalnya pertanyaan : apa kegiatanmu selama liburan ini ?? jawaban "Jawablah jujur apa saja yang dilakukan" alangkah baiknya kamu menjawab sebuah kegiatan, hindari menjawab diam dirumah. karena ini dinilai kamu adalah orang yang malas. Jadi apapun kegiatannya jawablah/ utarakan karena bisa dinilai kamu adalah orang yang aktiv.
Tips Tes Wawancara : lihat pakaianmu sebelum tes, banyak latihan berbicara formalitas tapi santai dan tenangkan pikiranmu.
cukup sekian tentang tes wawancara tes selanjutnya.

6.Tes Medical Chek up
Tes ini adalah tes terakhir yang membutuhkan banyak berdoa karena suatu penyakit itu karena ALLAH SWT dan disembuhkan ALLAH SWT. Apa saja medical chek up ?? tentunya sudah banyak yang mengetahui tes ini, untuk yang belum tahu tes ini adalah tes penyakit dalam seperti ronsen, Urine, darah. Hasil tes ini sangatlah menentukan akhir dari tes seleksi pegawai PLN. untuk itu sekali lagi banyak berdoa. :)
Tips Tes Medical Chek Up :  Minumlah air putih yang banyak selama seminggu sebelum tes ini, jangan lupa berdoa dan minta restu orang tua setiap mau berangkat tes.

Sekian dari saya ini adalah pengalaman saya mengikuti Tes Pegawai PT. PLN (Persero). Alhamdulillah saya sudah diangkat sebagai pegawai PLN. Untuk menanyakan lebih tentang Bagaimana Rekrutmen PLN itu ?? Bisa komentar Artikel ini . . . .

Selalulah berusaha untuk mencapai kesuksesan itu dan jangan lah lupa selalu Berdoa.
Ingat motivasi 3B "Belajar, Bekerja dan Berkarya" hehehe Thaks For ALL Good Luck ....
Tips Lolos PLN persembahan dari Oto-tronika.blogspot.com semoga bermanfaat dan Masuk Seleksi PLN.

Baca Juga : Tips Lolos Masuk PLN Part 2
Artikel Terkait

198 komentar:

  1. Tes akademis materinya tentang apa saja bisa djabarkan? Trims

    ReplyDelete
  2. Tes akademis materinya tentang apa saja bisa djabarkan? Trims

    ReplyDelete
  3. Untuk Tes nya materinya tentang ilmu elektronika seperti rangkaian dasar hukum ohm rangkaian resistor, saklar lampu dan ada juga materi tentang IPA seperty rumus kimia, Fisika tentang hitung hitungan daya listrik rumah an.....tapi menurutku materi elektronika listrik lebih banyak... materinya hanya rangkaian dasar ....

    ReplyDelete
  4. Bro contohin wkt ngejawab tes wawncara yg kseharian dirumah

    ReplyDelete
  5. sory bro telat jawab.... untuk ngejawab tes wawancara ya mending jujur aja ... misal ntar di tanyai ... apa kegiatan mu di rumah ... ya jawab aja jujur kalo bohongan ntar bingung sendiri karena jawabanmu pertanyaan mu ......... kalo lebih baiknya jawab yang menurut agan kegiatannya bermanfaat ....ane kan anak elektro jadi dulu jawabnya ya betulkan kipas angin ... hehehe tapi kalo udah jawab gitu ,... kita harus bertanggung jawab atas jawaban itu ,... ntar misal langsung di lanjut pertanyaan tentang gimana cara membetulkannya ... dan lain lain ... pokonya jaga sikap juga .... info update di Ajifahreza.com

    ReplyDelete
  6. bro gue tamatan sma/Ips lulusan thn 2015..gue mw nnyain tes akademik,,ad gak pertanyaan khusus jurusan Ips..knp hrus soal2 Ipa?mohon jawabannya bro..trims

    ReplyDelete
  7. yang aku denger, sekarang PLN kan membuka lowongan untuk jurusan IPS.. ya mungkin saja akademiknya menuju arah Sosial untuk pastinya aku masih belum tau pertanyaan nya seperti apa..... tapi menurutku pertanyaanya ya ips kok.... anak IPA pasti beda soalnya dengan anak IPS...maav jika jawaban nya kurang puas .... thank you ....

    ReplyDelete
  8. bos mw nanya nie
    soal akademik nya ada brp bnyk?
    kalo bnar di kali brp kalo salh minus brp?
    brp jam waktu yg di berikan thanks

    ReplyDelete
  9. yang aku inget sih kayaknya 60 Soal .... benar kali 4 dan salah -1 dan gga di isi 0 ....... sama kaya tes SBMPTN penerapannya ... untuk soalnya 30 Soal listrik dan 30 Soal Matematika......... untuk waktunya 2 jam an ..... mungkin untuk kedepan bisa berbeda ... dan untuk jalur D3 S1 juga berbeda ......

    ReplyDelete
  10. Kak kalo tinggi bdnnya kurang ngaruh engga ya ?

    ReplyDelete
  11. Kalo tinggi badan sangat ngaruhh ....misal tinggi Min 155 kalo kurang dari itu ya gugur ........

    ReplyDelete
  12. kalau berkas yang harus dibawa waktu tes dan pakaianny memakai yang seperti apa ya? untuk tesnya sendiri waktunya lebih dari satu hari kan? tes akademik dan endurance, benar tidak? solusi cari tempat tinggalnya gmana ya? soalnya orang jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo berkas mungkin mnyesuaikan sama panggilan tes ,,,,, misal tes akademik : ntar jika lolos tes di pemberitahuan ada apa saja yang harus dibawa.. dan waktu masuk diklat prajabatan baru kelengkapan berkas dibawa ...........untuk harinya 1 hari saja tetapi tanggalnya yang tidak tentu kadang setelah tes langsung beberapa hari tes lagi ..... itu semua harus kita yang ngambil kputusan memperkirakan waktu ..mau langsung pulang apa nunggu kelolosan ...bisa juga kita tanya kapan pemberitahuan lulus nya di umumkan..... dan kita harus selalu memantau website PLN jika lolos langsung berangkat lagii begitu seterusnya .... dulu aku bolak balik Jogja - Banyuwangi ..... Tes di jogja rumah di Banyuwangi ..... kalo dulu aku brangkat aja gga tau tempat hahah .... ntar cari dulu tempat tes nya misal di Jogja di UIN Jogja... cari aja ditempat sekitar sana bisa di masjid,, misal cari kos harian .... kalo waktu pertama tes mungkin anaknya banyak ya kita bergaul saja sama anak anak yang lain ..... aku aja pernah tidur di depan tempat tes bareng semuanya trz pagi cari da masjid .... itu pengalaman .... hahah awal yang repott ....laki gga terlalu masalah cari tempat banyak kenalan baru diluar sana ntar ......

      Delete
    2. Mas klo tes fisik ngapain aja ? Trus klo punya kutu air,panu,ada tahi lalat, bisa lolos ndak ?

      Delete
    3. tes fisik itu mengenai tinggi badan, tes mata, tes fisik seperti lari lari, tes keseimbangan, tes ketinggian tempatnya di area TNI .... kalo cuman penyakit kulit ya insyaALLAH lolos..... tahilalat ya gga ngaruh lahh.......

      Delete
  13. mas kalo materi test akademik untuk ipa biasanya apa ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan kemaren aku ikut tes tapi jurusan SMK Listrik... soal nya kelihatannya berbeda antara smk listrik dengan SMA IPA ...... kalo untuk pasti soalnya aku belom tau mas .... mungkin gga jauh jauh dari Listrik Kimia Fisika ..... Menurutku tapi ,,, tiap tahun juga beda beda mungkin soalnya ....

      Delete
    2. Mau nanya gan,apa setiap tahun pln open recruitment?

      Delete
  14. bang cra mnghadapi tes fisik dan endurance gmna yak hehe tipsnya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://ajifahreza.com/tips-lolos-tes-pln/

      ya tips paleng manjur latian dulu 1 bulan sebelum tes ... biar badan gga kaget hahah ..... latian lari rutinn ,,,, pokoknya banyak latiannya

      Delete
  15. mata temanku juling bisa keterima ga?

    ReplyDelete
  16. Kalo penentuan keterima bukan aku gan.... Kalo masalah mata juling kurang tau ane penilaiannya.....

    ReplyDelete
  17. Kalo gigi belakang nggak lengkap masih bisa lolos nggak ya?

    ReplyDelete
  18. kalo masalah gigi mungkin gga se sulit kaya tes di Polisi ... coba aja gan ...sebelum mencoba mana tau hasil nilainya ..:)

    ReplyDelete
  19. Kalo denyut nadi pengaruh banget nggak ya gan? Denyut nadi saya tadi 112 padahal normalnya 90-100

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ke dokter dulu masalah denyut nadi ,,, apakah mmpunyai penyakit untuk masalah yang berubungan dengan denyut nadi .....kalo penyakit dalam mungkin pengaruh juga ,,,,,

      Delete
  20. gan klo bentuk kaki ngaruh gk? bentuk kaki saya gk seberapa lurus soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo masalah fisik luar kan ada yang nilai ntar ... aku disini juga gga bisa mastiin lulus enggaknya suatu tes ..cuman memberi sedikit pengalaman ...... kalo gga seberapa lurus mungkin karena bentuk kaki .. tapi kayaknya pengaruh pada nilai juga ....

      Delete
  21. maav mas mas mbak mbak gan gan sis ..... aku cuman memberi pengalaman saja bukan menjadi patokan lulus tidaknya ... mungkin aku juga salah untuk memberi jawaban lulus tidaknya dan tidak sesuai dilapangan ...cara tes dan penilaiannya mungkin juga berbeda beda tiap tempat, dan tiap waktu tes nya,,,,.

    ReplyDelete
  22. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja Bank Sinarmas

    ReplyDelete
  23. ada tes lari dalam ruangan kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ane dulu gga ada mbk .... tes lari muter lapangan di beri waktu ,,,,,

      Delete
  24. Cuy kalo akademis apa ajah yg di ujikan untuk jurusan listrik

    ReplyDelete
  25. Untuk Tes nya materinya tentang ilmu listrik seperti rangkaian dasar hukum ohm rangkaian resistor, saklar lampu dan ada juga materi tentang IPA seperty rumus kimia, Fisika tentang hitung hitungan daya listrik rumah an.....tapi menurutku materi listrik lebih banyak... materinya hanya rangkaian dasar jaringan listrik daya listrik

    ReplyDelete
  26. Bro... waktu diklat Pra-jabatannya waktunya berapa lama dan lokasinya dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu Diklat prajab 3 Bulan di Semarang brooo

      Delete
  27. http://rekrutmen.pln-jawa-bali.co.id/~rekrutmen/index.php....... Pengumuman yang lolos tes TPA

    ReplyDelete
  28. Tes TPA mengenai soal soal perhitungan... Soal matematika, fisika, kimia, listrik..... Matematika dasar mungkin sama yg diajarkan di sekolah... Listriknya rangkaian resistor perhitungan daya ampere, hukum ohm, sakelar lampu, dn lain lain..... Mungkin juga bisa berbeda tiap tahun....

    ReplyDelete
  29. Mas kalo boleh tau dulu tes akademiknya jawab berapa soal?

    ReplyDelete
  30. 60 soal itu 1 jam ? kan mulai dari jam 9 selesai jam 12
    yang dua jam lagi dipakai untuk apa mas kalo boleh tau ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 jam an bro..... pertama kayaknya pemberintahuan cara ngisi dn lain lain

      Delete
  31. Mas dulu tes akademiknya ngejawab berapa? terus ada sistem nilai minus nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener x4 salah-1...... Usahakan jawab semuaa kalo bisaa.....

      Delete
  32. Mas kalo lulusan sma/ips kira2 tes akademik nya apa saja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo lulusan sma ips... Belum tau gan pasti soal nya gimana..... Soalnya dulu aku tes jurusan ipa listrik jadi kalo ips gga tau gmana soalnya.... Mungkin lebih ke araah sosial

      Delete
    2. MAS mau tanya, soal psikotes PLN sm psikotes TNI itu sm ndak materinyaa?

      Delete
    3. Kalo menurutku namanya soal psikotes dimana hampir sama bentuk soalnya.....coba baca baca dulu buku tentang psikotes pasti ngerty bentuk soalnya....

      Delete
  33. mas,ane masuk tahap psikotes nih,minta kisi-kisi atau pengalamannya boleh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampean apa udah pernah tes psikotes? Kalo udah pernah soalnya gga jauh beda mungkin...... Coba baca baca huku tentang psikotes pasti ngerty bentuk soalnya...... Aq dulu sebelum tes.... baca baca aja buku psikotes.. Biar gga kaget aja nemu soal yang blm pernah di kerjain..... Tapi namanya tes psiko tiap orang punya karakter sendiri sendiri.... Jawabannya ya psikologi nya sendiri....

      Delete
  34. bro , mau nanya nih ! kalau sudah diterima masuk pln pas sudah pendidikan 3 bulan itu ~ apa kita bisa ikut kuliah lagi ?

    ReplyDelete
  35. Bisaa broo... Asalkan kita bisa ngatur waktu antara kerja dan kuliah.... Jangan sampai waktu kerja dibuat kuliah..... Misal kita ambil aja waktu kuliah sore or ektensi........ Kalo masuk pln tanya tanya aja sama atasan atau senior sekitar pasti ada yang lanjut kuliah.....

    ReplyDelete
  36. kalau sudah lulus pendidikan 3 bulan itu apakah kita langsung kerja atau ada pengarahan lagi ? dan apakah kita sudah mendapat gaji bro ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Habis pendidikan 3 bulan ada masa OJT broo... On the job training.... Untuk gaji blm dapat hanya uang saku.....setelah SK turu baru dapat gaji

      Delete
  37. Bro , mau nanya nih? Diklat prajabatan dimulai bulan apa bro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tergantung pengumuman lolos tahap akhir broo gga tentu juga.... jaraknya gga jauh dari kluarnya pengumuman tahap akhir

      Delete
  38. Klo masalah gigi gerahang berlubang berpengaruh ngga'??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gigi berlubang mungkin gga ngaruh.... Tapi itu juga sebagai penilaian mungkin. ... Menurutku gga terlalu seperty tes polisi

      Delete
  39. Mas bro, say Duppy P.S, mau tanya soal Test Interviewnya PLN ya mas, alhamdulillah saya lolos test interview besok tanggal 6 Agustus.
    Bagis tips dan triknya ya mas, sama contoh" pertanyaannya juga, Suwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantapp mas. .. Tips trik nya udah aku tulis kaya diatas..... Yang penting kita harus jujur dengan keadaan kita dan jangan membuat buat.... Pertanyaan mungkin tentang keadaan kita hobi kita siapa kita dan apa itu PLN tergantung pengujinya juga pasti beda beda .... Jaga sikap dan penampilan juga ms dari detik pertama sampai ending...

      Delete
    2. Doanya mas, semoga bisa jadi keluarga besar PT. PLN Persero, hehe
      Kalo soal pakaian gimana mas, bagusnya pake dasi apa gak ya, galau ni soal pakaiannya, hehe

      Delete
    3. Maav baru bales heheh.... Aku dulu pake dasi.... Sukses trz tes tes an nyaa

      Delete
    4. Maav baru bales heheh.... Aku dulu pake dasi.... Sukses trz tes tes an nyaa

      Delete
    5. Oke mas, yaudah tak pake dasi mas.
      Makasih banyak mas.

      Delete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Gan , waktu tes wawancara yang dibtanyakan apa saja ?
    Kemarin aku baru mengikuti tes kesehatan/tes lab ,abis ini tes wawancara soalnya,thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ditanya ya mungkin tentang diri kita sendiri bagaimana kita menggambarkan diri kita.... tentang kehidupan kita..tentang keluarga ,... tentang pengalaman..dan tentang PLN.. rilex aja dibuat santai tapi juga jaga sikap dan kelakuan ...... jangan lupa selalu jujur

      Delete
  42. Ada pertanyaan yang menjebak nggak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pertanyaan yang menjebak mungkin gak ada .... tapi pertanyaan nya mengejar jawaban kita .... maksudnya kita memberikan jawaban mungkin itu yang selanjutnya ditanyakan..... tetap konsentrasi berdoa aja ....

      Delete
  43. Makasih mas, alhamdulillah saya udah jadi bagian Keluarga Besar PT. PLN, Angkatan 47 mas, hehe

    ReplyDelete
  44. Alhamdulillah okee mas mantaapp... Ditunggu penempatan di Bali hahhahha.... .... Berdoa aja penempatan di deket rumah.....

    ReplyDelete
  45. Wah, jangan jauh" ah, maunya di APP Semarang aja mas, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan waktu wawancara pertanyaan seputar pribadi apa aja? Terus yang seputar pln juga apa saja misalnya? Makasih gan

      Delete
    2. Pertanyaan seputar pribadi ya mengarah ke keluarga.... apa saja yang dilakukan di rumah.... bagaimana menggambarkan diri anda...... Kalo seputar pln ya pengetahuan tntang PLN... Apa bisnis pln siapa tokoh tokoh pln... Apaitu PLN.. dasar dasar aja tentang pln....
      Ajifahreza.com

      Delete
  46. nilai apa sih yg di ambil nilai rapor/nilai un mohon jawabanya makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dulu saya nilai rapot kayaknya ms.... Waktu nilai UN udah keluar baru di lampirkan di hampir akhir tes tes an....

      Delete
  47. berapa berat badan minimal bro!!!!!makasih!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo berat badan ya ideal aja ms.... Sesuai tinggi badan.... kurang tau minimalnya.... Pokok ideal sana tinggi

      Delete
  48. mas tnya,
    klau kunci lolos tes medical cek you gmna.?
    soalnya teman sya udah 2 kli blum tau mengapa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba medical chek up dulu ke dokter.... Kan bisa lihat hasilnya.... jadi kita tau diri kita...

      Delete
  49. Bang aku mau nanya Ni gmana sih biar lulus dri awal sampai akhir? Kalo administrasi udah lengkap apa ada kemungkinan gagal?? Info dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya berusaha aja lah... Kemungkinan gagal yang tergantung kita nya ngikutin tes itu... Banyak tes yang di lewati... Jadi untuk lolos kita hadapi aja satu satu sambil searching google tips nya....tapi Semua itu juga kembali ke kita sendiri yang jalani tes....

      Delete
  50. mas kalo tes endurance nya apa aja yaa?? btw kalo tes lari nya dikasih waktu berapa terus target nya hrus berapa km??
    makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo tes lari standart lah kaya waktu ujian praktek olahraga.... kalo gga salah 4 putaran 12 menit... udah lupa juga aku ...

      Delete
  51. ka kalau peluang untuk lolos dari tes fisik dan endurance itu besar ga? atau banyak yang gugur di tes ini? makasih ka :)

    ReplyDelete
  52. kalo peluang lolos besar.... mungkin yang perlu diperhatikan dalam tes fisik tes keseimbangan berjalan diatas bambu banyak latian... banyak yang gagal mungkin di tes kesehatan dalam .... terimakasihh...

    ReplyDelete
  53. terus lama ga ka proses seleksinya? dari tes soal sampai wawancara itu kirakira berapa minggu?

    ReplyDelete
  54. itu semua beda beda setiap tahun tes ... tergantung PLN jadi kita ya stanby liat website PLN... bisa 2 bulan .... di pengalamanku ... tes satu dengan tes berikutnya bisa 2 minggu dan ada juga bisa 3 hari menunggu .... semua bisa terjadi tergantung dari pusat sistem penerimaan...kapan waktu pengumuman dan kapan waktu lanjut tes nya....

    ReplyDelete
  55. ka mau tanya klo soal akademik bagian adm itu apa aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh maav untuk bagian adm belum pernah tau.. mungkin mengarah ke administrasi. seperti surat, berkas. tapi untuk sperti apa soalnya belum pernah tau...

      Delete
  56. kalo ada varikokel bagaimana mas? apakah fatal utk tes kesehatan pln

    ReplyDelete
  57. kalo ada varikokel bagaimana mas? apakah fatal utk tes kesehatan pln

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaALLAH gak terlalu pengaruh .... menurutku ...

      Delete
  58. Maaf mas, saya baru daftar pln banten. Saya jurusan T.elektronika industri. Boleh minta kisi kisi soal TPA / tes akademik nya gak mas? Saya mau total nih ke pln.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo daftar jngan setengah setengah hahahah ..... sama dulu jurusan elektro ... soalnya yang kamu pelajari di sekolah gga bakalan rugi belajar .... hukum ohm daya listrik rangkaian seri paralel capacitor perhitungan kwh .... saklar lampu dan semua km pelajari elektronika ... tapi aku juga ggak tau skr model soalnya kaya gimana... heheh belajar semua aja lah .... mantap..

      Delete
    2. Kalo yang mtk sama fisika bab nya apa aja ya? Soalnya mapel fisika dijurusan saya di stop dari awal naik ke kelas 3

      Delete
  59. Oh iya mas, saya lulusan smk t. Elektronika industri

    ReplyDelete
  60. Mas, berat badan sya gk idela kira" lolos engga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selagi bisa melewati semua tes nya mungkin lolos

      Delete
  61. Kak kira² brapa minggu yah berlangsung dari tes soal sampai tes wawancara?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya berapa lama tes apa berapa lama jarak antar tes ?? ya jaman sekarang berbeda..tes nya lumayan lama kalo tempat tinggal jauh ya PP terus ......selalu pantau aja web pln.co.id

      Delete
  62. mas kalo tes lari. itu di lapangan apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lapangan TNI atau Brimob tergantung tempatnya juga ...

      Delete
  63. Mas, setelah selesai verifikasi data, tahap selanjutnya itu tes fisik apa akademik duluan ya?? Biasanya yg mana duluan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya tes akademik .. lanjut tes fisik ..... bisa saja skr kebalik

      Delete
  64. www.pln.co.id/disjateng/files/2016/05/PENGUMUMAN-PANGGILAN-TES-FISIK-ENDURANCE-2016.pdf

    ReplyDelete
  65. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  66. mas, untuk tes endurance pln ngapain aja ya mas ? apa cuma lari atau ada yg lain ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya lari,,, atau mungkin keseimbangan, dan mengenai daya tahan ....

      Delete
  67. Mas,tes nya ada sampai memeriksa ala kelamin juga ya mas? di buka semua tuh pakaian ada ngakk?

    ReplyDelete
  68. mas untuk tes mata itu di periksa atau disuruh liat abjad dari kejauhan tertentu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. disuruhh liat abjad kaya tes mata minus atau plus...

      Delete
  69. untuk tes larinya juga kkira kira berpa km mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo km nya belum tau ... mungkin 4 putaran dalam 12 menit ... gak tau skr gimana untuk tes larinya

      Delete
  70. Ada kesempatan ga ya bagi yg berkacamata bisa lolos? atau ada rekan mas nya yg pke kacamata trus lolos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo temen ada juga yang berkacamata... tapi gak tau berapa minus plusnya ... dicoba aja duluu jngann nethink...

      Delete
    2. Alhamdulillah ane minus 2.75 lolos tes kesehatan gan,,, kalo untuk mata ada toleransi asal yg lain sehat :D

      Delete
    3. Mantapp... Yang penting ggak buta warna .... Kalo Buta warna bisa salah kabel wkkwwk ... good luck

      Delete
  71. Mas mau nanya , saya kan kemarin tes fisik&endurance tes fisik udah lulus dan tes endurance nya besok , karena temen saya kmari lulus pln saya nanya endurace apa aja tapi katanya cuma lari 12mnt, sprint, dan naik turn tangga , jdi saya hn ya fokus latihan lari sama sprint aja , tpi ternyata saya liat kemarin ada tes pull up, push up,sit up, saya lemah dalam pull up dan push up karna tangan jarang di latih , trus apakan tes endurace itu sangat berpengaruh utk kelulusan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya latiaan aja mas biar hasilnya baik .... jika teman sampean bisa kita juga harus bisa .... kemungkinan berpengaruh karena untuk apa tes itu di keluarkan jika tidak berpengaruh .... tapi tingkat nilainya ggak tau juga aku ..

      Delete
  72. mas mau nanya, kalau tes fisik lab itu apa saja isinya ya? mohon penjabarannya..! dan gimana kiat agar mudah lolos dari tes tersebut..? atas jawabannya terima kasih.

    ReplyDelete
  73. mas mau nanya, kalau tes fisik lab itu apa saja isinya ya? mohon penjabarannya..! dan gimana kiat agar mudah lolos dari tes tersebut..? atas jawabannya terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tes urine, tes darah, tes ronsen, tes pendengaran, bagian dalam tubuh ..... tes ini mengenai tubuh kita sendiri sendiri yang menentukan ya tubuh kita ... ya mungkin sebelum tes jaga kesehatan, jaga makanan minuman,,intinya pastikan tubuhmu luar dalam... lolos tergantung tubuh kita sendiri...

      Delete
  74. Bang, klo tes akademis ada soal b.inggris nya engga ? Atau cuma soal kejuruan aja..

    ReplyDelete
  75. mas kalo tes akademik untuk jurusan listrik apa aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya yang kamu pelajari di sekolah gga bakalan rugi belajar .... hukum ohm daya listrik rangkaian seri paralel capacitor perhitungan kwh .... saklar lampu dan semua km pelajari elektronika ... tapi aku juga ggak tau skr model soalnya kaya gimana... belajar semua aja lah

      Delete
  76. mas saya mau tanya, apakah anda seorang perokok aktif?? gimana ya mengatasi agar bisa lolos di mcu nya. saya sudah lolos di administrasi,fisik dan akademik. skarang tinggal menunggu hasil dari psikotest. terimakasih mas. salam dari borneo

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah saya bukan perokok aktif ... ya mungkin saran saya minum air banyaakkkk seminggu sebelum tes....

      Delete
  77. Mas, Puji Tuhan saya udh masuk tes kesehatan. Tapi klo ada masalah gigi berlobang ngaruh gk? Ni udh rela rela ngocek duit buat cabut gigi dan bersihin karang gigi. Mohon pencerahannya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya pengaruh juga tapi gga tau seberapa besar nilainya .... Yang pnting bersihh dan wajar aja giginya ... Sukses terus tes nya masalah gigi yakin lolos

      Delete
  78. Mas waktu wawancara ditanyakan seputar apa saja??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan seputar pribadi ya mengarah ke keluarga.... apa saja yang dilakukan di rumah.... bagaimana menggambarkan diri anda...... Kalo seputar pln ya pengetahuan tntang PLN... Apa bisnis pln siapa tokoh tokoh pln... Apaitu PLN.. dasar dasar aja tentang pln....

      Delete
  79. Kalo udah diterima di pln apa langsung jadi karyawan tetap?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap menjalani diklat prajabatan dulu terus di angkat karyawan tetap....

      Delete
  80. Mas kalo udah sampe tahap wawancara apa masih ada sistem gugur?
    Trus kepribadian kayak gimana yang disukai/dibutuhkan sama pln?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya wawancara ada sistem gugur juga .... pendapatku ini mungkin kepribadian yang bersifat dia mau bekerja di PLN .. obrolannya santai aja dan jujur ....

      Delete
    2. Ohh gitu, yaudah makasih buat info sama jawabannya :)

      Delete
  81. numpang tanya mas, di tes wawancara itu apakah ada pertanyaan yang menjurus ke jurusan masnya, seperti saya jurusan instalasi listrik apakah ada pertanyaan yang menyanyakan hal tentang listrik itu

    ReplyDelete
  82. Kalau nem berpengaruh ga mas.. Saya udah tes wawancara tapi nem saya kecil..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu tes administrasi pertama apakah sudah melampirkan nilai nilai yang di syaratkan ?? ....

      Delete
    2. cuma ngasih nilai rapot doang semester 1-5

      Delete
    3. cuma ngasih nilai rapot doang semester 1-5

      Delete
  83. Kalau nilai rapot lumayan gede gede lah

    ReplyDelete
  84. Kalau nilai rapot lumayan gede gede lah

    ReplyDelete
  85. Mas ada tips ga buat diklat prajabatan ..

    ReplyDelete
  86. Mas ada tips ga buat diklat prajabatan ..

    ReplyDelete
  87. Yth : Bapak/ Ibu . Bagian Pembelian



    Memperkenalkan kami CAN ELECTRONIC INDONESIA Distributor produk


    1. Electronic Test & Measurement Instrument

    (multimeter, clamp meter, earth tester, insulation, Power quality, OTS , Battery tester)

    2. Education Test /peraga pendidikan Elektro, Laboratorium

    (Oscilloscope, power supply, function generator, spectrum analyzer, LCR meter)

    3. Enviroment measuring instrument test

    (udara, air, gas, suara, geteran, temp., humidity, moisture, distance neter, dan lain )

    4. OIL & GAS measuring instrument test

    ( Process meter, loop calibrator, temp. calibrator, pressure calibrator, holiday detector )

    Merek utama produk yang kami distribusi antara lain :


    AZ INSTRUMENT LUTRON

    ATTEN GW-INSTEK

    MEGGER FLUKE

    KYORITSU KITAMOTO

    ATAGO G-WON

    A&E Lab ELMED

    Produk :
    Airflow, Temp., Datalogger , Gas Meter (CO2, CO ), Sound Level, Water Quality Tester ( PH/Conductivity, SALT/D.O/ TDS, ORP)

    Oscilloscope (analog/digital), Spectrum Analyzers, Signal Sources, Power Supplies, Training Kit, Multimeter
    High Voltage Insulation Tester, Power Quality Analyzer, Earth Tester, Digital MegOhm Tester, Digital Clamp meter, Loop Calibrator, Process Meter
    Digital / analog Oscilloscope, Thermohygrometer, Vibration meter, Coating Thickness Gauge
    Refractometer , Pocket Refractometer, Clinical (Salt, Sugar, oil, fruit,.)
    Spectrophotometer, Flame photometer, Whiteness Meter, Melting Point Device
    Grain Moisture / Flour Moisture meter( Paddy, Rice, Soy Bean, Barley, Wheat, Maize/Corn, Paddy in Dryer, Red Pepper, Coffee )

    Apabila ada pertanyaan atau kebutuhan jangan ragu menghubungi kami di,



    CAN ELECTRONIC INDONESIA

    Lindeteves Trade Center Lt.2 Blok C18 No.3

    Jl. Hayam Wuruk 127 Jakarta 11180

    Telp (021) 6232 0266, 2607 1120, 2607 1126 | Fax (021) 2607 1120

    HP : 0812-8239968 | 0878-78798632 | 0816 1423158

    Email : canelectronic.ind@gmail.com | sales@canelectronic.com
    Website : canelectronic.com

    ReplyDelete
  88. Replies
    1. tips diklat prajabatan jaga mental dan kesehatan saja .... hahaha

      Delete
  89. Gan ane lulusan SMK jurusan Teknik Komputer & Jaringan, kira2 bisa masuj gak ya, soalnya gak ada , adanya mesin, elektronika, sipil.. Gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo masuk enggak nya kurang tau ,,,, di coba aja tes awal ...

      Delete
  90. Mas bro tes TPA di google untuk tes PLN kok beda ya malah kyak tes CPNS gk ada soal listriknya
    Gmna mnurut ente??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman ku ada soal listriknya.... Kalo tes CPNS kurang tau ga pernah ikut soalnya....

      Delete
  91. Mas mo nanya. Sya udah tes wawancara dan ada 2 orng yg mewawancarai yg satu orng hrd n satu lg psikolog. Klo sering di nasehati orng psikolog gmna mnurutmu mas?

    ReplyDelete
  92. Mas mo nanya. Sya udah tes wawancara dan ada 2 orng yg mewawancarai yg satu orng hrd n satu lg psikolog. Klo sering di nasehati orng psikolog gmna mnurutmu mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dinasehati gimana maksudnya ?? nasehat baik atau karena buruk... ya kalo dinasihati aja biasa lah.. dan setelah tes suruh ngapain ??

      Delete
  93. Halo Mas Risang. Aku mau tanya. Itu ujung-ujungnya kalo lolos kita bekerja sebagai apa ya di PLN? Apa kita ngebener-benerin listrik gitu? Aku cuma bingung aja, soalnya seleksinya sangat kompleks gitu. Nanti tujuan karir kita itu bagaimana *gimana ya ngomongnya* maksdunya apa kita bekerja sebagai staf, atau bagian keuangan PLN *apa sih* atau pekerja lapangan atau apa ya? Mas bacanya bingungnya? Maksudku kita bekerja dibagian apa/kerjanya ngapain kalo sudah diangkat? Thanks ya Mas infonya membantu sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya di awal pendaftaran kan sudah tercantum bagian yang dilamar, misalnya opt-dis : operator jaringan 20kv or sebagai teknis. jika disana ada lamaran bagian keuangan ya keuangan. di PLN banyak bidang nya masing masing jadi sangat komplek, kalo pernah tau Gardu Induk ya bisa kerja dibagian sana, bisa di bagian teknisi lapangan, juga bisa di staf kantor,,, kalo sudah lolos tahap OJT pasti tau.. tks for all

      Delete
  94. Maaf mas mau tanya mengenai tes fisik untuk perempuan apakah yg berhijab disuruh lepas hijab?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo tes perempuan belum tau .... yang nge tes juga perempuan..

      Delete
  95. gan saya mau tes lab san penunjang
    tapi saya ada varises ringan gmn apa pengaruhnya besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. varises tidak parah insyAllah lanjut... berdoa aja

      Delete
  96. gan saya mau tes lab san penunjang
    tapi saya ada varises ringan gmn apa pengaruhnya besar

    ReplyDelete
  97. Tips dan Trik Lulus Indonesia Power http://mydaypack.com/2016/10/25/tips-dan-trik-lulus-bumn/

    ReplyDelete
  98. iya semoga saya lolos dan bisa jadi keluarga pln amin

    ReplyDelete
  99. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  100. Saya di Indonesia Timur bro, Di Wilayah Maluku dan Maluku Utara.
    Dulu saya OJT di Area Bali Timur bro

    ReplyDelete
  101. gan pas kamu wawancara , kamu ad gk pengalaman organisasi , soal ny saya gk ada pengalaman organisasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada bos ... soalnya saya sendiri gak ikut organisasi...

      Delete
  102. sama gan saya jg gk ada , rabu kemaren saya wawancara bantu doa ya semoga bs lulus dan jadi pegawai pln kyk kamu

    ReplyDelete
  103. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  104. Bro saya lagi nunggu hasil tes wawancara ni, saya gak yakin karna waktu wawancara saya cuman sebentar. Mungkin karna saya gak punya organisasi dan prestasi waktu di skolah. Tapikan harus jujur kan bro? kira2 peluang saya lulus bagus gak?

    ReplyDelete
  105. Berpeluang semua sama...... yang penting jawaban wawancara baik.... yakin lolos

    ReplyDelete
  106. kalo mata minus gmana mas email saya mas renggakw4@gmail.com

    ReplyDelete
  107. saya mau tanya, kalau lulusan sma jurusan ips bisa daftar PLN tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarang jarang soalnya penerimaan PLN jurusan IPS ... tapi pernah ada kemarin kemarin...... liat aja di web pln.co.id

      Delete
  108. Mas mau tanya,saya mendaftar di online yang dimasukin nilai nemnya yang mana yaa

    ReplyDelete
  109. Mas mau tanya,saya mendaftar di online yang dimasukin nilai nemnya yang mana yaa

    ReplyDelete
  110. Maav untuk daftar online mungkin nem yang kluar di uan .... saya sndiri belum online dulu ....

    ReplyDelete
  111. Bang untuk yang varises ringan gimana?bisa lolos ga?

    ReplyDelete
  112. Bang untuk yang varises ringan gimana?bisa lolos ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah lolos ... yang penting sehat luar dalam berdoa aja

      Delete
  113. haloo bang.mau tanya nih.soal nilai NEM itu diambil dari rapot atay dari skhu bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nilai NEM skhu biasanya ,, kan juga melampirkan nilai raport

      Delete

Cara Seo Blogger