بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم - لا إله إلا الله محمد رسول الله
Ajifahreza

Tips Lolos Seleksi PLN

Banyak yang gagal ketika mengikuti Rekrutmen PLN karena banyak faktor, mungkin diantaranya kurang beruntung, atau belum tau gimana Seleksi Lowongan PLN.




Firman ALLAH SWT tentang nasib seseorang "Sesungguhnya ALLAH SWT tidak akan merubah nasib suatu kaum jika bukan kaum itu sendiri yang merubahnya". Dalam firman ALLAH sudah jelas kita dituntut untuk bersungguh sungguh dan berusaha untuk mencapai suatu kesuksesan. Kita juga harus menyerahkan segala sesuatunya kepada NYA bagaimana pun jalannya kita harus selalu bertawakal kepada ALLAH SWT tapi tetap berusaha untuk memperoleh kesuksesan itu.
Saya akan memberikan sedikit Tips Untuk Lolos Seleksi PLN bukan hanya PLN juga pekerjaan lainnya :
1. Niat
Niat sangat lah penting dalam memulai suatu usaha. jika kita akan mencoba suatu Lowongan Pekerjaan tanamkan lah pada diri kalian niatkan lah diri kalian untuk bersungguh sungguh menjalani seleksi lowongan tersebut.
2. Restu Orang Tua
Mintalah restu kepada kedua orang tua kamu apabila kamu hendak mengikuti seleksi lowongan pekerjaan PLN maupun pekerjaan lainnya.
3. Berdoalah sungguh sungguh kepada Tuhan mu ALLAH SWT untuk menjadikan mu selalu ingat kepada NYA.

Dalam seleksi pegawai PLN banyak tes yang harus dijalani berikut ini beberapa tahapan Tes Lowongan PLN
1. Tes Administrasi
Tes administrasi adalah tes nilai Rapot untuk tes ini kemungkinan banyak yang lolos karena Nilai Nem yang lolos diatas 7. untuk nilai rapot banyak sekolah sekolah yang menerapkan Standart diatas 7 jadi banyak yang kemungkinan lolos dalam Tes Administrasi. Seleksi Administrasi tidak lah sulit hanya cukup melengkapi data dan surat surat yang diminta asal persyaratannya memenuhi pasti lolos.

2.Tes Soal
Dalam tes ini soal yang dikeluarkan kebanyakan tentang listrik matematika dan fisika jadi sebelum tes Soal belajarlah untuk sedikit mengingat dan untuk lulusan SMA belajarlah sedikit tentang ilmu Listrik seperti ilmu hukum ohm ilmu rangkaian seri paralel dan lain lain banya artikel tentang ilmu listrik di Google.
Tips : Belajarlah ilmu listrik, matematika, fisika dan semua hal tentang ilmu hitung

3. Tes Psikologi
Dalam tes ini dapat dilihat kemampuan otak seseorang dan psikologi seseorang. berusahalah jujur untuk menjawab tes psikologi ini karena inilah gambaran dari sifat kamu. banyak membaca buku buku tentang tips lolos tes psikologi karena dengan membaca kita sedikit tahu gambaran tentang apa itu psikologi. belajarlah sebelum kamu mengikuti tahapan tahapan tes.
Tips Tes Psikologi : Membacalah buku tentang Psikologi terlebih dahulu sebelum tes

4. Tes Fisik
Untuk yang hobi olahraga mungkin pada tes ini tidak terlalu menghawatirkan. tes Fisik meliputi tes fisik luar seperti tinggi badan, berat badan, mata, telinga dan yang berhubungan dengan fisik bagian luar. Untuk itu kita wajib menjaga diri kita dari hal hal yang merusak tubuh seperti rokok, minuman keras maka jauhi hal seperti itu bila kamu ingin sukses Tes Kerja. Tes mata mungkin tes yang lumayan sulit untuk yang mempunyai mata minus, mulai sekarang hindari hal yang merusak mata dan juga jaga mata agar tetap sehat. Tes fisik dilakukan di tempat Tentara atau Polisi yang bekerja sama dengan PLN. Jika kita yakin diri kita sehat kita tidak perlu takut untuk mengikuti Tes Kerja.
satu lagi untuk tes fisik yang banyak memakan korban yaitu tes fisik keseimbangan. Kamu dituntut untuk melewati sebuah bambu yang dipasang seperti gambar seperti gambar ini.
banyak yang jatuh pada awal percobaan tapi masih diberi satu kali kesempatan. dalam tes ini banyak memakan korban para peserta tes karena cukup sulit dilakukan bagi yang tubuhnya kurang terlatih seimbang. tes keseimbangan ini tidak memandang tinggi badan, berat badan jadi siapa pun mudah jatuh jika tubuhnya kurang seimbang. 
Tips Melewati Tes Keseimbangan : berdoalah sebelum melakukan, gunakanlah sepatu yang berukuran pas pada kaki. rentangkan tangan mu dan melangkahlah dengan tenang jangan tergesa gesa. Posisi kaki bisa melangkah dengan terbuka kedua duanya atau posisi melangkah dengan tertutup kedua duanya tapi lebih baik dengan posisi terbuka. Karena bagi saya lebih leluasa berjalan tenang. Jika pada waktu sudah ditengah jalan hampir jatuh berusahalah untuk berusahalah berlari melewatinya karena jika kamu jatuh bisa gagal seleksi PLN karena tes sederhana ini. Banyak macam cara melakukan tes keseimbangan. kita ikuti saja metode apa yang dilakukan

5. Tes Wawancara
Untuk tes wawancara banyak yang harus diperhatikan misalnya pakaian, sikap seseorang, dan cara berbicara. tes wawancara dilakukan oleh 2 sampai 3 orang yaitu 1 orang PLN dan 1 seorang psikotes/psikolog. Dia yang menilai kebaikan kamu, kelakuan kamu, dan semua sikap kamu mulai dari detik pertama tes wawancara sampai detik terakhir. Untuk itu jagalah setiap sikap kamu karena waktu itulah semuanya dilihat dari cara kamu tes wawancar. Tes wawancara tidak perlu grogi buatlah santai atau menikmati keadaan sekitar karena orang grogi/gugup sangat kelihatan  dilihat. Buatlah yang mewawancarai itu sebagai teman kamu jadi kamu bisa bicara santai seperti seorang teman tapi juga dijaga formalitas. Tetap senyum selalu karena senyum menandakan seseorang berbahagia.
Pertanyaan tes wawancara kebanyakan menanyakan tentang kehidupanmu di rumah, bagaimana keluargamu, apa pekrjaan ayahmu, apa kegiatanmu sehari hari, berapa keluarga dan saudaramu, apa visi misi mu mengikuti seleksi pegawai PLN, apa PLN itu, apa singkatan PLN, siapa direktur utama PLN dan lain lain mengenai kehidupanmu dirumah dan mengenai PLN.
Jadi kamu harus sedikit mengerti tentang PLN. Berusahalah untuk selalu jujur dalam menjawab semua pertanyaan wawancara karena pengalaman saya "Jawabanmu adalah Pertanyaanmu".
Misalnya pertanyaan : apa kegiatanmu selama liburan ini ?? jawaban "Jawablah jujur apa saja yang dilakukan" alangkah baiknya kamu menjawab sebuah kegiatan, hindari menjawab diam dirumah. karena ini dinilai kamu adalah orang yang malas. Jadi apapun kegiatannya jawablah/ utarakan karena bisa dinilai kamu adalah orang yang aktiv.
Tips Tes Wawancara : lihat pakaianmu sebelum tes, banyak latihan berbicara formalitas tapi santai dan tenangkan pikiranmu.
cukup sekian tentang tes wawancara tes selanjutnya.

6.Tes Medical Chek up
Tes ini adalah tes terakhir yang membutuhkan banyak berdoa karena suatu penyakit itu karena ALLAH SWT dan disembuhkan ALLAH SWT. Apa saja medical chek up ?? tentunya sudah banyak yang mengetahui tes ini, untuk yang belum tahu tes ini adalah tes penyakit dalam seperti ronsen, Urine, darah. Hasil tes ini sangatlah menentukan akhir dari tes seleksi pegawai PLN. untuk itu sekali lagi banyak berdoa. :)
Tips Tes Medical Chek Up :  Minumlah air putih yang banyak selama seminggu sebelum tes ini, jangan lupa berdoa dan minta restu orang tua setiap mau berangkat tes.

Sekian dari saya ini adalah pengalaman saya mengikuti Tes Pegawai PT. PLN (Persero). Alhamdulillah saya sudah diangkat sebagai pegawai PLN. Untuk menanyakan lebih tentang Bagaimana Rekrutmen PLN itu ?? Bisa komentar Artikel ini . . . .

Selalulah berusaha untuk mencapai kesuksesan itu dan jangan lah lupa selalu Berdoa.
Ingat motivasi 3B "Belajar, Bekerja dan Berkarya" hehehe Thaks For ALL Good Luck ....
Tips Lolos PLN persembahan dari Oto-tronika.blogspot.com semoga bermanfaat dan Masuk Seleksi PLN.

Baca Juga : Tips Lolos Masuk PLN Part 2

Ajifahreza

About Ajifahreza -

Hanya seorang blogger biasa, ingin menjadi hebat dibidang elektronika pemrograman komputer dan mikrokontroler

Subscribe to this Blog via Email :

204 komentar

Write komentar «Terlama   ‹Lebih tua   201 – 204 dari 204   Lebih baru›   Terbaru»
Unknown
AUTHOR
6 April 2021 21.35 delete

Bang Mau Nanya .. Kalau Bekas Luka di kaki sama kuku berjamur bisa gak yah ??

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
6 April 2021 21.36 delete

Bang Mau Nanya .. Kalau Bekas Luka di kaki sama kuku berjamur bisa gak yah ??

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
17 Mei 2021 05.11 delete

Klo tes fisik apa diharuskan celana pendek/ panjang

Reply
avatar
Langkah Kaki
AUTHOR
7 Oktober 2021 10.14 delete

Permisi. Kalau tingginya 150 cm apakah bisa masuk ya? ^^ terima kasih

Reply
avatar
«Terlama   ‹Lebih tua   201 – 204 dari 204   Lebih baru›   Terbaru»
Cara Seo Blogger