Elektronika Untuk Masa Depan
Ajifahreza

Cara Paling Mudah Menentukan Kaki Led

Bismillahirahmanirahim, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, artikel kali ini saya akan bagikan Cara Paling Mudah Menentukan Kaki Led, ini adalah cara paling mudah tanpa kita harus mengukurnya dengan multimeter, hanya melihat dari bentuk led nya kita pasti langsung bisa menentukan mana kaki negatif dan positif. Tentunya ini hanya berlaku untuk led ukuram 3 mm atau lebih, tidak berlaku untuk smd.

  • Lihat Bentuk Body Led

Cara pertama : mari kita lihat Bentuk body led, jika kita melihat dari atas bagian body yang terpotong (lurus) dari gambar atas sebelah kanan itu adalah kaki "negatif" atau jika kita lihat dari samping bagian body yang lurus itu adalah kaki "negatif". maka sisi sebelahnya pasti kaki "positif". Bagaimana mudah kan ? sangat mudah hanya melihat bagian body led 
  • Lihat Panjang Kaki Led

cara kedua : ini juga paling mudah, kita bisa bisa lihat panjang kaki led, kaki led yang mempunyai ukuran pendek itu adalah kaki "negatif" dan kaki yang panjang  itu adalah kaki "positif". Cara paling mudah, kita bisa praktekan sekarang

  • Lihat Simbol Rangkaian Led
cara ketiga : jika kita hanya mempunyai sebuah rangkaian dimana simbol led ada disana, untuk menentukannya gimana kaki lednya ? cukup kita lihat simbol led nya dan lihat "garis" yang ada didepan simbol segitiga, kita bisa simpulkan garis itu sama kan dengan garis pada body led, (sesuai cara pertama), jadi simple nya simbol garis led itu pasangkan dengan bentuk body led yang lurus, maka itu adalah kaki "negatif", ini biasanya dipakai pada waktu kita memasang komponen led pada PCB yang sudah jadi.

Note :  cara ketiga ini sama halnya dipakai di komponen dioda, dimana di komponen ini juga terdapat "garis" maka cukup posisikan garis tersebut sesuaikan dengan garis yang ada di rangkaian/simbol komponennya, cukup mudah kan ? tanpa menggunakan alat ukur. Tapi tetap jangan hilangkan alat ukur dari elektronika.

Lihat Videonya di youtube ini : Coming Soon

Sekian artikel sederhana dari saya, Cara Paling Mudah Menentukan Kaki Led, jika bermanfaat klick share artikel ini bagikan ke semua orang yang ingin belajar.

Ajifahreza

About Ajifahreza -

Hanya seorang blogger biasa, ingin menjadi hebat dibidang elektronika pemrograman komputer dan mikrokontroler

Subscribe to this Blog via Email :
Cara Seo Blogger