بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم - لا إله إلا الله محمد رسول الله
Ajifahreza

Menyalakan Peralatan Dengan Remote TV

Bismillahirahmanirahim, assalamualaiku warahmatullahi wabarakatuh, Kali ini saya berbagi rangkaian yang sudah jadul atau artinya sudah lama ada tapi kita baru buat. Apa itu ?
Rangkaian Menyalakan Peralatan Dengan Remote TV. Jika kita sudah lama bergaul dengan dunia elektronika tentu kita sudah bosen dengan rangkaian ini, tapi jika temen temen yang baru masuk belajar dunia elektronika ini adalah rangkaian sederhana dan semua bisa membuatnya. Bagaimana cara membuatnya mari baca artikel dibawah ini.


Seperti itu rangkaiannya, menggunakan ic Ne555 dan 4017 dan dilengkapi relay 1 channel sebagai saklar.

Fungsi Rangkaian tersebut : jika kita mempunyai sebuah kipas angin misalkan, kita menghidupkan kipas tersebut dengan cara menekan tombol on/off tapi jika diberi rangkaian ini cukup menggunakan remote TV sebagai pengganti menekan tombol On/Off tentunya dengan wiring yang benar. Memudahkan kita dan membuat kita malas berdiri tentunya. Rangkaiannya cukup murah dengan komponen yang mudah dicari dipasaran.

Komponen yang digunakan :

IC : Ne555 dan 4017
Resistor : 
1 K
100 K
330 Ohm
Transistor : Bc547
Led : 3 mm hijau dan merah
Sensor Infrared
Modul Relay 5v

Temen temen yang mau coba silahkan, rangkaiannya berhasil dibuat.



Untuk catatan penting :
Output dari IC4017 pada kaki no 2 diberi sebuah modul relay 1 channel, karena modul tersebut berlogika LOW dia kerja, maka pada rangkaian outpur IC 4017 saya buat seperti rangkaian diatas, "mengarahkan pada ground" berbeda jika modul tersebut berlogika HIGH rangkaian output pada kaki nomer 2 IC4017 berbeda. Jika belum mengerti bisa komentar di bawah ini

Bisa juga lihat video nya di youtube : Ajifahreza Channel


Sekian rangkaian dari saya ajifahreza.com Modifikasi Menghidupkan Peralatan Listrik Menggunakan Remote TV. Semoga bermanfaat dan share jika bermanfaat
selamat belajar bekerja berkarya dan jangan lupa berdoa kepada ALLAH.

Ajifahreza

About Ajifahreza -

Hanya seorang blogger biasa, ingin menjadi hebat dibidang elektronika pemrograman komputer dan mikrokontroler

Subscribe to this Blog via Email :
Cara Seo Blogger