Friday, 3 March 2017

Pengertian Metode Transmisi Komunikasi Serial

 Metode Transmisi Data. Dua kata yang mungkin kita kenal tapi tidak tau pengertiannya dalam metode komunikasi data yaitu Baseband dan Broadband. Artikel ini membahas tentang pengertian dasar saja tentang pengiriman data serial. Saya sendiri membuat sebuah persentasi tentang Komunikasi data serial dan paralel. Sumber dari gambar gambar ini adalah google.


Tranmisi baseband atau di artikan transmisi serial adalah transmisi data yang proses pengiriman datanya adalah berseri berurutan.  


Transmisi Data dimana dalam satu satuan waktu hanya satu bit yang disalurkan, dengan demikian jika data terdiri atas banyak bit, dikirim secara berurutan, satu persatu. Jadi kita anggap sederhana seperti ada sebuah kereta yang berjalan diatas rel, Gerbong kereta itu sendiri adalah data yang dikirim, Jadi jika berjalan dimulai dari Gerbong depan tengah dan seterusnya. Seperti contoh gambar dibawah ini:


Seperti yang ada di gambar diatas pengiriman karakter yang terdiri dari bit bit, dikirim dalam satuan waktu. Jadi pengiriman "10010000" secara berurutan dikirim oleh sumber dan secara berurutan diterima oleh penerima. Sumber disini bisa memakai Android PC dll.
Boudrate satuan bps diartikan (bit per second) data bit yang dikirimkan dalam 1 second ada 9600 bit.


1010111111 adalah data, bit sendiri terdiri dari 2 digit yaitu 0 dan 1. Byte terdiri dari 8 bit atau membentuk sebuah karakter.


Contoh yang saya ambil adalah Komunikasi PC dengan Mikrokontroler. Dalam komunikasi diatas menggunakan serial atau DB9 IC RS 232. Komputer adalah sumber data yang dikirim. Media data menggunakan kabel serial untuk komunikasi. Penerima adalah Mikrokontroler. Konsep dasar dari Komunikasi Serial diatas adalah PC mengirimkan karakter "A" yang digunakan untuk menyalakan led pada mikrokontroler. Mikrokontroler sebagai penerima data dari PC. Karakter "A" yang dibaca mikrocontroler untuk menyalakan led 1. 


Seperti yang dijelaskan pada gambar diatas ini. Karakter "A" yang dikirimkan oleh PC dirubah menjadi kode biner. Sebagai contoh diatas karakter yang sudah berubah menjadi kode biner menggunakan metode ASCII. Seperti tabel dibawah ini.


Karakter "A" yang dikirim kan mempunyai bentuk desimal 65. Dari bentuk desimal inilah bisa dirubah dalam bentuk biner 0 dan 1. Seperti contoh karakter A mempunyai Desimal 65 dan bentuk biner 1000001. Jadi bentuk biner inilah yang dikirmkan oleh PC dan diterima Oleh mikrokontroler. 
Jadi kesimpulan Pengiriman data Serial adalah data karakter yang dikirimkan menjadi data biner dan dikirim secara berurutan. Untuk komunkasi paralel next to be continue di Ajifahreza.com

Cukup Sekian artikel mengenai Komunikasi Serial. Semoga bermanfaat meskipun Sederhana. Dan jika salah dalam pengertian bisa saling belajar. Salam Ajifahreza.com
Artikel Terkait

1 komentar:

Cara Seo Blogger