Monday, 11 April 2016

2 Langkah Belajar Efektif

"Sudah belajar tapi masih belum mengerti.. apa yang salah?? "

Keluhan diatas mungkin semua orang mengalami. Tapi bagaimana cara kita untuk mengatur pola pikir kita dalam belajar. Tentunya semua orang punya cara sendiri sendiri dan penerapannya.

Belajar adalah sebuah kata yang mungkin kurang diminati untuk para remaja sekarang. Faktor yang paling sederhana adalah sifat malas. Hal yang perlu sedikit disingkirkan yaitu sifat malas. Bagaimana caranya ??. salah satu caranya yaitu bagaimana membuat aktifitas belajar itu menyenangkan. Misalnya dengan sebuah motivasi ataupun dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Belajar juga tidak harus dengan hal pelajaran sekolah seperti matematika, IPA, IPS semua yang kita baca kita pelajari bisa diartikan kita belajar.

- Belajar Karena Ingin Tahu

Jika kita mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi pasti kita selalu mencari cari jawabannya.. Dengan rasa ingin tahu yang tinggi kita pasti mempunyai banyak pertanyaan. Banyak pertanyaan, Banyak juga jawaban dan tentunya banyak juga kegiatan kita untuk mencari jawaban itu. Kita bisa bandingkan dengan kita yang tidak ingin tahu. Otak kita tidak akan berfikir apa yang harus dicari. 

Untuk membangun rasa ingin tahu itu sendiri banyak cara, misalnya kita melihat seseorang yang bisa membuat suatu alat yang canggih. Jika kita termasuk orang yang monoton tentunya hal tersebut seperti biasa, tidak ada hal yang luar biasa. Berbeda dengan kita yang selalu aktif. Pasti kita banyak pertanyaan yang ingin dicari. Misalnya bagaimana bisa?? bagaimana caranya ?? apa yang dilakukan ?? dll. masih banyak pertanyaan lagi untuk dicari jawabannya. Dengan rasa ingin tahu yang tinggi pasti kita selalu aktiv tidak hanya menerima melihatnya, tetapi juga ingin mencobanya. 


Setujukah kita melihat kata kata diatas ?? ... jika kita artikan orang pintar adalah orang yang tahu lebih dulu. Semua orang tentunya pintar di bidang masing masing. Seseorang seperti itu pasti sudah lebih dulu mengerti dan memahami sesuatu hal yang belum orang tahu. Kita bisa melihat orang seperti itu tentunya sudah banyak jawaban yang dia cari. Dia selalu berusaha untuk terus belajar hal baru. Selalu belajar hal yang belum dia bisa.

Kita bisa beranggapan bahwa kita kalah start dari dia.. bagaimana bisa begitu ?? Karena faktor seberapa aktiv kita untuk mau belajar. Bisa kita menjadi Orang yang lebih 1 level dari orang lain jika kita mau belajar mau mencari dan mau aktiv untuk segala hal. Tidak hanya monoton dan malas. Misalnya kita mempunyai seorang teman satu kelas. Satu pelajaran dan satu guru, Kenapa dia bisa lebih bisa pelajaran daripada kita ??. Mungkin salah satu jawabannya apa yang dia lakukan untuk lebih dulu tahu jawaban nya. Yang dilakukannya bisa kita baca kembali artikel diatas.

- Belajar Karena Motivasi

Belajar karena motivasi. Motivasi itu sendiri merupakan hal yang penting juga untuk belajar. Bisa kita membuat sebuah motivasi seperti ingin lulus, ingin menjadi nomor 1, ingin juara dan lain lain. Banyak sebuah motivasi untuk membangun belajar kita. Salah satu motivasi yang sederhana bisa kita menjadikan teman kita sendiri untuk motivasi. Kita bisa melihat sisi baiknya dalam belajar untuk sebuah motivasi kita.
Kita bisa tanamkan sebuah pertanyaan pada diri kita masing masing "Dia bisa, Kenapa aku tidak??" semua orang pasti bisa melakukan atau mengerjakan asalkan mau mencari cara melakukannya atau mengerjakannya. 

Bisa kita misalkan seperti tadi melihat seseorang yang bisa membuat suatu alat yang canggih atau orang yang bisa mengerjakan soal. "Dia Bisa, kenapa aku tidak ??" sebuah pertanyaan yang membangun diri kita untuk bisa.
Hal yang perlu di tanamkan juga "Dia Bisa Aku Pasti Bisa". Dia bisa untuk mengerjakan soal dan tentunya kita manusia yang sama, makanan yang sama harusnya bisa untuk melakukannya. Hal yang berbeda mungkin pada pola pikir kita masing masing. Pola pikir kita untuk belajar. Pola pikir kita untuk mengatur waktu. Semua pola kita masing masing orang. Sebuah kata bisa merubah sifat kita untuk selalu ingin belajar.

"Dia Bisa, Kenapa aku tidak ??"
"Dia Bisa, Aku Pasti Bisa"

Kita juga harus selalu termotivasi akan hal hal baru. Hal yang menarik kita untuk mencari jawabannya. Hal yang selalu membuat kita selalu aktiv mencari. Carilah seseorang yang bisa mengangkat motivasimu dalam belajar. Karena dengan ini pasti kita ingin seperti Dia.

Note : Aturlah sifat malas mu jangan sampai sifat malas mengaturmu. 

Cukup sekian Tips Belajar Menarik by Ajifahreza.com hanya sebagai catatan sederhana untuk berbagi tulisan agar bisa bermanfaat. Tulisan ini hanya Opini saya dan Cara saya untuk motivasi diri sendiri.

Share Artikel ini jika bermanfaat dengan mengcopy link nya atau dengan share klick dibawah artikel atau dengan klick gambar ini
https://www.facebook.com/sharer/sharer.php?u=http%3A%2F%2Fwww.ajifahreza.com%2F2016%2F04%2F2-langkah-belajar-efektif.html%3Fspref%3Dfb&t=WEBSITE+TUTORIAL+ELEKTRONIKA+INDONESIA%3A+2+Langkah+Belajar+Efektif
Artikel Terkait

2 komentar:

  1. Wah, makasih motivasinya..mau belajar lagi biar bisa...

    ReplyDelete
  2. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Elektronika.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Elektronika yang bisa anda kunjungi di Informasi Elektronika

    ReplyDelete

Cara Seo Blogger