Kendali Peralatan Dengan Komputer

Tutorial Lengkap Cara Mengendalikan Peralatan dari Komputer, mengendalikan lampu dari laptop, dan bisa juga mengendalikan mati hidup pompa dengan komputer. Pasti sudah banyak tutorial yang membahas kendali peralatan dengan komputer. cara menghidupkan mematikan peralatan dengan komputer :
Bagaimana caranya ?? cukup mudah jika kita mengerti. Prinsipnya hanya Komputer mengirim Data dan diterima oleh Mikrokontroler dilanjutkan Mikrokontroler memberikan perintah.  Lanjut saja sedikit penjelasannya.
Kendali peralatan via komputer adalah mengendalikan hidup mati suatu peralatan misalnya lampu, kipas, pompa dan lain lain, jadi tombol (ON/OFF) dengan klick mouse pada komputer.
Cukup canggih untuk jaman yang semakin maju ini. Semua bisa dikendalikan dengan komputer jika kita tahu cara membuatnya.
Sistem kendali ini menggunakan mikrokontroler ATmega16 ouput pada PORTB. Bisa juga dengan mikrokontroler yang lain asal kita tau programnya. IC Mikrokontroler ini berisi program untuk mengolah data yang dikirim dari komputer ke Mikrokontroler dan dilanjutnya mengirim perintah ke Relay untuk kerja. Pin yang digunakan pada IC ATmega16 adalah PORTD.0 dan PORTD.1 (Tx Rx) dan koneksi serial DB9 untuk komunikasinya antara mikrokontroler dengan komputer.
Mikrokontroler juga dilengkapi dengan rangkaian Relay sebagai outputnya dan kontaknya.
Tentunya menggunakan interface Visual Basic. Apa itu Visual Basic?? sedikit saja penjelasannya. Visual Basic adalah software untuk membuat suatu aplikasi dengan bahasa pemrograman. Jadi kita membuat program untuk mikrokontroler dan juga membuat aplikasi tombolnya menggunakan Visual Basic 6.0. Untuk programnya bisa Copy saja di artikel ini gratis dari Ajifahreza.com. Jika belum mempunyai Software Visual Basic bisa di download di menu atas "Download".
Lanjut Saja Tutorialnya untuk pertama membuat tampilan interface dari Visual Basic :


Buat desain dari Visual Basic seperti gambar ini. Komponen yang digunakan Command 8 Buah (Tombol ON/OFF); Mscomm Control (Telephone warna kuning). Komponen ini hanya digunakan dasar jadi belum termasuk desainnya. 

Untuk mengaktivkan MScomm Control Pilih menu >> Project >> Component atau (CTRL + T) dan centang "Microsoft Comm Control 6.0". Setelah itu masukkan Coding Programnya.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Private Sub Form_Load()
If MSComm1.PortOpen=False Then MSComm1.PortOpen=True
MSComm1.DTREnable=True
MSComm1.RTSEnable=True
MSComm1.RThreshold=1
MSComm.InputLen=1
End Sub

Private Sub Command1_Click()
MSComm1.Output="A"
Command1.BackColor=vbRed
End Sub

Private Sub Command2_Click()
MSComm1.Output="a"
Command2.BackColor=vbWhite
End Sub

Private Sub Command3_Click()
MSComm1.Output="B"
Command3.BackColor=vbRed
End Sub

Private Sub Command4_Click()
MSComm1.Output="b"
Command4.BackColor=vbWhite
End Sub

Private Sub Command5_Click()
MSComm1.Output="C"
Command5.BackColor=vbRed
End Sub

Private Sub Command6_Click()
MSComm1.Output="c"
Command6.BackColor=vbWhite
End Sub

Private Sub Command7_Click()
MSComm1.Output="D"
Command7.BackColor=vbRed
End Sub

Private Sub Command8_Click()
MSComm1.Output="d"
Command8.BackColor=vbWhite
End Sub

Private Sub MSComm1_OnComm()
If MSComm1.CommEvent=comEvReceive Then
End If
End Sub
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ketiklah Code yang berwarna merah tersebut sesuai tempatnya "Private Sub" atau dengan klick 2 kali pada komponen dasar tadi untuk memasukan Programnya.

Setelah memasukkan Code Programnya pada Command sekarang setting pada MSComm1 dengan cara klick 1 kali MSComm1 dan lihat pada menu properti. Note Penting : Setting Comport yang digunakan. misalnya kita menggunakan "CommPort = 10" artinya Com yang digunakan untuk komunikasi serial  dengan Mikrokontroler pada Com 10. Settingan ini juga bisa dilihat di Computer Device Manager C. Setting juga boudrate yang digunakan (9600,n,8,1).


Setelah kita selesai membuat interface Visual Basicnya lanjut kita membuat program untuk mikrokontroler nya. Saya menggunakan Mikrokontroler AVR buatan sendiri dari Ajifahreza.com menggunakan IC ATmega16. Untuk komunikasi antara komputer dengan mikro menggunakan koneksi serial DB9 dan RS232 Converter. Lanjut saja Coding Program Kendali Peralatan dengan Computer menggunakan Bahasa Bascom :
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

$regfile = "m16def.dat"
$crystal = 12000000
$baud = 9600
$hwstack = 20
$swstack = 8
$framesize = 8
Dim C As Byte
Config Portb = Output
Portb = &B11111111
Do
C = Waitkey()
Select Case C
Case "A" : Portb.0 = 0
Case "B" : Portb.1 = 0
Case "C" : Portb.2 = 0
Case "D" : Portb.3 = 0
Case "a" : Portb.0 = 1
Case "b" : Portb.1 = 1
Case "c" : Portb.2 = 1
Case "d" : Portb.3 = 1
End Select
Loop
End

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Setelah Program selesai dibuat Download program ke mikrokontroler jika belum mengerti bisa baca ini "Download Program ke Mikrokontroler". Biasakan untuk menulis program dari awal agar mengurangi Error dari efek Copy Paste.


Ini adalah AVR yang digunakan IC ATmega16 dan Output pada PORTB adalah Led.

Untuk Komunikasi antara komputer dan Mikrokontroler menggunakan serial DB9 dan RS232 Converter.


Converter RS232 untuk digunakan pada sambungan setelah DB9 ke Mikrokontroler. Koneksikan sesuai gambar dibawah ini. Usahakan untuk sumber tegangan diparalel antara Mikrokontroler dan RS232.

Sekian artikel tentang Kendali Peralatan dari Komputer by Ajifahreza.com semoga bermanfaat dan menjadi dasar untuk pengembangan. Jika belum mengerti bisa komentar di artikel ini dan jika ingin minta lengkap project ini gratis bisa Follow Ajifahreza.com di Facebook menu bawah.
Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Cara Seo Blogger