Friday, 26 February 2016

Cara Menggunakan Eagle PCB

Cara sederhana Menggunakan Eagle PCB. Selamat malam pembaca Ajifahreza.com. Kali ini saya akan membahas tentang Aplikasi desain PCB Eagle yaitu aplikasi untuk membuat desain jalur PCB.
Yang saya bagi kali ini bagaimana cara sederhana menggunakan aplikasi Eagle PCB. Software Eagle Bisa Download disini. Download Eagle PCB. Lansung saja tutorialnya :
  1. Buka aplikasi eagle yang sudah terinstal.
  2. Setelah muncul seperti gambar diatas kemudian klick File >> New >> Project "beri nama project yang dibuat tujuannya untuk memudahkan kita menyimpan hasil. Setelah selesai dibuat Klick File >> New >> Schemati. 
  3. Setelah itu muncul tampilan untuk membuat skema rangkaian elektronik. 
  4. Setting Grid tampilan untuk memudahkan membuat skema klick View >> Grid
  5. Buat setting "Display = On" "Style = Dot" dan "Size 0.05" kemudian OK
  6. Setelah setting dibuat untuk memudahkan kita lanjut membuat skema rangkaian. Untuk skema ini menurut rangkaian yang diinginkan. Untuk menambahkan komponen elektronika klick "Edit >> Add" atau juga klick menu samping kiri "Add"
  7. Menambahkan komponen. Setelah selesai klick "add" muncullah nama nama komponen. Untuk mencari komponen disini cukup sulit kita harus tau bentuk dan besar komponen agar kita membuat jalur PCB sesuai dengan besar komponen yang digunakan dan juga kita harus tau kata kunci nama komponen di Aplikasi Eagle. Misalnya kita tambahkan komponen "Led" pada search tulis "Led" cari sampai bentuk led yang kita inginkan atau langsung saja di search tulis "Led5mm" lalu OK.
    Note: Pada gambar sebelah kanan adalah gambar tata letak komponen dan gambar kiri adalah gambar skema rangkaian.
  8. Membuat rangkaian. misalnya kita membuat rangkaian sederhana, tambahkan komponen Led dan Jack DC dengan kata kunci : Led5mm ; Spc4077.
  9. Setelah rangkaian dibuat klick File >> Switch to Board" dan "Yes" untuk merubah skema rangkaian menjadi jalur PCB.
  10. Setelah muncul tampilan board. Kita setting dulu Grid seperti di poin 5, fungsinya sama untuk memudahkan tampilan kita. Kita pindahkan dulu komponen tersebut ke dalam kota tujuannya itu adalah ukuran PCB yang digunakan, untuk memindahkan klick menu di samping kiri gambar panah 4 atau klick "Edit >> Move" atau tekan F7.
  11. Setelah komponen masuk ke dalam kota, lanjutkan dengan memperkecil ukuran kotak garis putih itu sesuai tata letak komponen kita. Usahakan menata komponen dengan rapi dan sesuaikan komponen agar memudahkan kita membuat jalur.
  12. Membuat jalur. Untuk membuat jalur klick "Edit >> Route" untuk membuat jalur perlu adanya setting ukuran dan bentuk.
    Untuk setting besar jalur di menu atas "Width" pilih ukuran selera kita sendiri usahakan jangan terlalu besar atau kecil. Ukuran biasanya 0.056. Buat juga bentuk jalur sesuai selera kita dengan memilih bentuk di menu atas seperti gambar diatas atau dengan cara klick kanan pada mouse. 
  13. Membuat jalur ke PDF. Setelah selesai membuat jalur untuk menjadikan ke PDF dan di print tetntunya harus membedakan jalur dan tata letak. Untuk tampilan agar muncul jalur saja klick "View >> Display/Hide Layers".
    Pada menu Display hilangkan tanda biru pada nomor 1, 19, 21, 22, 23, 24, 25, 26, 27, 28, 39, 40, 41, 42, 43, 48, 49, 51, 52 Setelah itu klick "OK" akan muncul jalur dan kaki komponen saja.
  14. Print jalur PCB dengan PDF. setelah jalur selesai klick "File  >> Print" atau Ctrl + P.
    Note: untuk jalur PCB pada Options centang "Mirror""Black""Caption" mirror. Tujuannya untuk mencetak terbalik jalur agar sesuai dengan tata letak. Mirror hanya berlaku di jalur rangkaian. Setelah itu klick "PDF" untuk menyimpan dalam bentuk PDF.
  15. Membuat tata letak komponen ke PDF. Dalam hal ini setting kebalikan dengan point 13. Hilangkan tanda biru pada nomor 16, 17, 18.
  16. Print tata letak PCB ke PDF. Setelah tata letak selesai klick "File >> Print" atau Ctrl + P.
    Note : Untuk tata letak PCB pada Options centang "Black""Caption" mirror tidak dicentang. Mirror hanya berlaku di jalur rangkaian. Setelah itu klick PDF untuk menyimpan dalam bentuk PDF.
Sekian Tutorial Cara Membuat Jalur di Eagle PCB by Ajifahreza.com semoga bermanfaat dan menjadi dasar untuk belajar awal tentang Software Eagle PCB.
Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Cara Seo Blogger